Penyebab Infeksi Paru Paru Pada Bayi dan Balita

Penyebab Infeksi Paru Paru Pada Bayi dan Balita – Sangat penting sekali untuk Anda para orang tua mengetahui apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab penyakit infeksi paru-paru pada bayi dan balita.

Dengan Anda mengetahui penyebabnya, Anda jadi bisa melakukan antisipasi atau pencegahan. Sehingga, risiko anak Anda untuk menderita infeksi paru-paru bisa di tekan.

Penyebab Infeksi Paru Paru Pada Bayi dan Balita

Penyebab Infeksi Paru Paru Pada Bayi dan Balita

Anda harus tahu!!, bahwa infeksi paru-paru adalah salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak pada balita, terutama bayi dengan usia di bawah 6 bulan.

Menurut data yang di dapatkan dari laporan WHO yang merupakan organisasi kesehatan dunia, sekitar 800.000 hingga 1 juta anak meninggal dunia setiap tahunnya. Kondisi tersebut menempatkan infeksi paru sebagai penyakit berbahaya no 3 di dunia.

Tidak hanya pada anak-anak, khususnya bayi dan balita saja, infeksi paru-paru ini juga bisa menyerang orang dewasa. Sama seperti infeksi paru yang terjadi pada bayi dan balita, infeksi paru pada orang dewasa juga bisa berakibat fatal jika tidak segera mendapatkan penanganan yang serius.

Infeksi paru paru sendiri adalah kondisi dimana paru-paru, khususnya alveoli (kantung kecil di dalam paru-paru) mengalami infeksi dan terisi oleh cairan. Karena itu juga, gejala utama penyakit ini adalah sesak napas yang berat.

Inilah Faktor-Faktor Penyebab Infeksi Paru Paru Pada Bayi dan Balita

Ada tiga unsur yang menjadi pemicu terjadinya penyakit infeksi paru paru, yaitu: host (kekebalan tubuh), faktor environment (lingkungan), dan faktor agent (kuman, bakteri, virus dan lain-lain).

1.Faktor Host (Kekebalan Tubuh)

  • Bayi lahir dengan berat badan rendah
  • Malnutrisi, salah satunya karena bayi tidak mendapatkan asupan ASI (air susu ibu) yang cukup
  • Tidak mendapatkan imunisasi yang lengkap
  • Kekurangan vitamin A

2.Faktor Environment (Lingkungan)

  • Cuaca dingin
  • Sirkulasi udara yang buruk (pengap)
  • Banyak alergen seperti debu, asap rokok, asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta polusi udara lainnya
  • Sering tertular berbagai penyakit dari orang yang ada di sekitarnya (saudara, orang tua, bahkan teman), seperti flu, batuk atau pilek.

3.Faktor Agent

Infeksi bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya adalah faktor utama yang menjadi penyebab infeksi paru paru pada bayi dan balita, maupun orang dewasa.

  • Bakteri : S.pneumonia, H.influenza, S.aureus, P.aeruginosa, M.tuberculosis, M.kansasii
  • Virus : CMV, bahkan virus flu dan campak
  • Protozoa : Toksoplasma
  • Jamur : P.carinii, C.neoformans, H.capsulatum, C.immitis, A.fumigatus

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab infeksi paru paru pada bayi dan balita, juga orang dewasa.

Nah, untuk mencegah anak Anda dari infeksi paru paru, selain memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya, Anda juga perlu memberikan imunisasi dasar lengkap, terlepas dari pro dan kontra yang menyebar di masyarakat.

Pastikan juga, jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit, anak Anda tidak dekat-dekat atau melakukan kontak secara langsung dengan orang yang sedang sakit tersebut.

Menjaga kebersihan lingkungan, termasuk tidak merokok juga bisa Anda lakukan untuk mencegah anak Anda dari serangan infeksi paru paru.

Demikian informasi kesehatan tentang penyebab infeksi paru paru pada bayi dan balita di atas saya sampaikan. Semoga Anda sebagai orang tua bisa lebih peduli dan meperhatikan kesehatan anak Anda, mengantisipasi dan melakukan pencegahan sedini mungkin.

_Salam Sehat_

By : Solusi Infeksi Paru-Paru

Penyebab Infeksi Paru Paru Pada Bayi dan Balita

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s